Minggu, 21 Juni 2015



INOVASI A&W RESTAURANT
Dalam matukuliah kali ini yaitu Manajemen Inovasi dengan Dosen Pengajar Drs. Eben Ezer Pakpahan, MM sebelum kita membahas lebih lanjut tentang inovasi yang akan dilakukan A&W Resturant, kita membahas terlebih dahulu sejarah sampai perkembangan nya di dunia bisnis.
Latar Belakang.


          Pertumbuhan usaha waralaba (franchise) kini semakin berkembang di Indonesia. Keberadaan waralaba yang semakin marak beberapa tahun terakhir ini tidak mungkin dihindari lagi. Waralaba merupakan strategi yang efektif untuk mengembangkan jaringan bisnis dengan tidak menghilangkan karakter perusahaan yang sudah menjadi ciri khas waralaba yang bersangkutan. Pelaku usaha harus memiliki strategi untuk tetap berdaya saing dalam lingkungan persaingan bisnis yang semakin ketat dan kondisi siklus produk yang pendek
         Perubahan yang paling jelas terlihat adalah timbulnya persaingan bisnis yang semakin tajam. Hal ini ditandai dengan  berdirinya usaha-usaha baru yang bergerak dibidang penyediaan pangan. Selain  timbulnya persaingan bisnis yang tinggi, pola pikir dan perilaku masyarakat juga  mengalami kemajuan. Perkembangan pola pikir tersebut, misalnya masyarakat lebih tertarik untuk memilih tempat makan yang menyediakan layanan cepat saji  (fast food) karena masyarakat cenderung disibukkan dengan berbagai aktivitas. Sehingga mereka memilih tempat makan yang menyediakan layanan cepat saji seperti A&W Restaurant, Mc Donald, Kentucky Fried Chicken (KFC), Texas dan sebagainya.


SEJARAH
 
        Salah satu restoran waralaba yang cukup berhasil di Indonesia adalah Restoran A&W, yang berasal dari California, Amerika Serikat. Restoran ini awalnya hanya sebuah kios rootbeer sederhana. Kios A&W rootbeer ini pertama kali diperkenalkan oleh Roy Allen, seorang pengusaha di Lodi, California pada bulan Juni 1919.

        Allen menggunakan formula yang sangat unik dan beraroma khas untuk rootbeer buatannya. Rootbeer A&W merupakan paduan dari sari tetumbuhan, rempah-rempah dan beberapa campuran yang hingga kini masih dirahasiakannya. Allen mendapatkan formula unik itu dari seorang ahli farmasi di Arizona.

        Sejak kesuksesan kios rootbeer pertamanya di Lodi, Roy Allen kemudian membuka kios rootbeer lainnya, salah satunya di dekat Sacramento. Kios ini merupakan kios penjualan minuman yang menerapkan konsep 'drive-in' pertama di dunia.

         Sejalan dengan perkembangan usahanya, pada tahun 1922 Allen mengajak Frank Wright, karyawannya di Lodi, California untuk menjadi rekan usahanya. Merk restoran A&W sendiri merupakan inisial dari dua nama mereka, yakni "Allen & Wright", dan nama minumannya menjadi A&W Rootbeer. Penerapan logo A&W dilakukan sekitar tahun itu juga, dengan memasang logo A&W pada gelas mug-nya.

         Dalam perkembangannya, restoran A&W mengalami beberapa kali perubahan, baik perubahan kepemilikan perusahaan maupun logo yang dipergunakan. Logo pertama A&W semula berupa lingkaran donat, inisial A&W dan tulisan "ice cold rootbeer" didalamnya dengan anak panah yang tertancap tepat ditengah. Versi logo ini ada beberapa, yakni hitam putih, hitam merah (1948, seringkali disebut Red & Black Bulls Eye) dan coklat oranye (1961, Brown & Orange Bulls Eye).
          Logo A&W mengalami perubahan yang cukup signifikan pada tahun 1968, yakni dengan mengubah bentuk donat menjadi oval dengan tetap menggunakan inisial A&W ditengahnya. Simbol anak panah dilepas, sehingga kesan A&W lebih simpel dan mudah diingat. Versi lain dari logo ini muncul antara lain versi logo untuk ulang tahun A&W yang ke-75. Namun demikian bentuk dasar logo ini tetap dipergunakan hingga sekarang dan hanya mengalami sedikit perubahan pada tahun 1995, yakni dengan mengubah jenis huruf A&W, menjadi jenis huruf italic atau huruf miring. Konsep penjualan yang dilakukan A&W juga mengalami perubahan, dari yang semula merupakan kios drive-in untuk rootbeer, menjadi restoran cepat saji.

         Sementara untuk standar menu utama restoran A&W mulai dikenalkan pada tahun 1978. Sejak itu perusahaan mengenalkan konsep baru restoran A&W. Restoran ini mempunyai banyak menu makanan siap saji (fast food) seperti hamburger, kentang goreng, ayam goreng dan hot dog serta rootbeer A&W tentunya.
        Pada tahun 2000 Yorkshire Global Restaurants, Inc. menjadi induk perusahaan untuk restoran A&W. Namun, tahun 2002 Yorkshire Global Restaurants, Inc. Diakuisisi oleh Tricon Global Restaurants. Sebagai refleksi dari akuisisi tersebut, kemudian perusahaan berganti nama menjadi Yum! Brands Inc., (perusahaan restoran yang memiliki system unit terbesar di dunia).
        Nama Yum! terpilih karena melambangkan harapan perusahaan untuk memberikan kepuasan ‘Yum!’ di wajah para konsumennya di seluruh dunia. Dengan lima merek dagang yang beroperasi di bawah naungan satu perusahaan yang sama, Yum! akan menjadi yang terbaik dalam memberikan berbagai pilihan kepada konsumen, dan secara pasti akan memimpin dalam usaha multi-branding.

      
        Selain memiliki Restoran A&W, Yum! Brands Inc. adalah pemilik waralaba merek dagang lainnya seperti Pizza Hut, Taco Bell, KFC dan Long John Silvers. Kini genap 90 tahun usianya, A&W menjadi salah satu restoran cepat saji terbesar di dunia dengan minuman rootbeer khasnya dan anak cabang restoran tersebar di seluruh dunia, antara lain Australia, Iran, Bangladesh, Kanada, Cina, Mesir, Jerman, Jepang, Kuwait, Indonesia, Malaysia, Filipina, Qatar, Thailand, Singapura, Inggris dan Uni Emirat Arab. Di Indonesia sendiri, restoran A&W berdiri sejak tahun 1985.  Restoran A&W kini memiliki gerai yang berjumlah sekitar 200-an outlet dan tersebar di seluruh Tanah Air. Menu yang disajikan oleh restoran ini 100 persen halal dan hanya restoran A&W Indonesia yang menjual nasi dan perkedel.

       Dalam pelayanan nya A&W Restaurant hampir sama dengan waralaba lainnya yang dalam pelayanan nya baik penyaji sampai cs A&W Restaurant juga menggunakan delivery order seperti waralaba lainnya.

PERKEMBANGAN dan INOVASI A&W RESTAURANT  
           Perkembangan A&W Restaurant sendiri di Indonesia cukup pesat dan disetiap daerah pasti ada Restaurant A&W. Karena perkembangan zaman yang pesat pasti nantinya akan ada banyak waralaba yang akan menjadi pesaing dari A&W Restaurant dan sejenisnya.
            Untuk itu perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan cepat saji ini harus semakin meningkatkan kreatifitas baik dalam produk ataupun pelayanannya, dengan begitu persaingan pun akan dapat teratasi dengan baik 

           Prospek bisnis restoran seperti ini cukup menjanjikan, khususnya restoran waralaba A&W akan selalu cerah karena setiap hari semua manusia pasti memerlukan makanan dan minuman untuk kelangsungan hidupnya.
           Suatu perusahaan harusnya selalu memberikan sebuah inovasi yang baru agar pelanggan tidak jenuh, apalagi dengan pesaingna yang cukup kuat yaitu KFC, KFC selalu memberikan pelayanan yang semakin bagus dari hari ke hari, sehingga tak dapat disangkal bahwa omset KFC selalu bertambah.
         Jika perusahaan A&W Restaurant dapat melakukan hal serupa maka beberapa tahun kedepan A&W Restaurant dapat mengalahkan waralaba yang lainnya juga. Harus banyak inovasi yang dilakukan agar perusahaan waralaba tersebut dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Inovasi yang dilakukan sebaiknya dari produk sampai pelayanan, dan alangkah bagusnya ada ke khasan yang dimiliki agar tidak dapat dilupakan dan selalu di ingat oleh pengunjung yang diamana pengunjung itu berada. Agar lebih banyak menerik hati pelanggan, restoran A&W sebaiknya lebih banyak lagi membuat paket-paket yang ada gratisnya. Menu makanan yang disajikan juga sebaiknya ditambah jenisnya agar lebih bervariasi. 

           Dalam manajemen A&W Restaurant kiranya perlu melakukan riset dan pengembangan produk secara terus-menerus, agar makanan dan minuman di restoran ini tetap disukai oleh pelanggannya.
            Mengantisipasi era media social yang serba online, ada baiknya manajemen A&W Restaurant menyediakan fasilitis hotspot gratis di dalam restoran A&W Restaurant karena masih ada Restaurant A&W yang belum menggunakan hotspot, agar pelanggan dapat mengakses internet dengan mudah dan cepat dan membuat para pelanggan betah berlama-lama sehingga memesan produk yang lainnya.


DAFTAR PUSTAKA
 
https://id.wikipedia.org/wiki/A%26W_Restaurants

 
 
 
 
 
 


 



 

1 komentar:

  1. Emperor Casino | Free Slots & No Download
    The Emperor Casino is an exciting online casino that kadangpintar is 제왕카지노 powered by 메리트카지노 Microgaming. This casino is considered to be one of the top brands of online gambling.

    BalasHapus