INOVASI A&W RESTAURANT
Dalam matukuliah kali
ini yaitu Manajemen Inovasi dengan Dosen Pengajar Drs. Eben Ezer Pakpahan, MM
sebelum kita membahas lebih lanjut tentang inovasi yang akan dilakukan A&W
Resturant, kita membahas terlebih dahulu sejarah sampai perkembangan nya di
dunia bisnis.
Latar Belakang.
Pertumbuhan
usaha waralaba (franchise) kini semakin berkembang di Indonesia. Keberadaan
waralaba yang semakin marak beberapa tahun terakhir ini tidak mungkin dihindari
lagi. Waralaba merupakan strategi yang efektif untuk mengembangkan jaringan
bisnis dengan tidak menghilangkan karakter perusahaan yang sudah menjadi ciri
khas waralaba yang bersangkutan. Pelaku usaha harus memiliki strategi untuk
tetap berdaya saing dalam lingkungan persaingan bisnis yang semakin ketat dan
kondisi siklus produk yang pendek
Perubahan yang paling jelas terlihat adalah timbulnya
persaingan bisnis yang semakin tajam. Hal ini ditandai dengan berdirinya
usaha-usaha baru yang bergerak dibidang penyediaan pangan. Selain
timbulnya persaingan bisnis yang tinggi, pola pikir dan perilaku
masyarakat juga mengalami kemajuan. Perkembangan pola pikir tersebut,
misalnya masyarakat lebih tertarik untuk memilih tempat makan yang menyediakan
layanan cepat saji (fast food) karena masyarakat cenderung disibukkan
dengan berbagai aktivitas. Sehingga mereka memilih tempat makan yang
menyediakan layanan cepat saji seperti A&W Restaurant, Mc Donald, Kentucky
Fried Chicken (KFC), Texas dan sebagainya.
SEJARAH
Salah satu restoran waralaba yang
cukup berhasil di Indonesia adalah Restoran A&W, yang berasal dari
California, Amerika Serikat. Restoran ini awalnya hanya sebuah kios rootbeer
sederhana. Kios A&W rootbeer ini pertama kali diperkenalkan oleh Roy Allen,
seorang pengusaha di Lodi, California pada bulan Juni 1919.
Allen menggunakan formula yang sangat unik dan beraroma khas
untuk rootbeer buatannya. Rootbeer A&W merupakan paduan dari sari
tetumbuhan, rempah-rempah dan beberapa campuran yang hingga kini masih
dirahasiakannya. Allen mendapatkan formula unik itu dari seorang ahli farmasi
di Arizona.
Sejak kesuksesan kios rootbeer pertamanya di Lodi, Roy Allen
kemudian membuka kios rootbeer lainnya, salah satunya di dekat Sacramento. Kios
ini merupakan kios penjualan minuman yang menerapkan konsep 'drive-in' pertama
di dunia.
Sejalan dengan perkembangan usahanya, pada tahun 1922 Allen
mengajak Frank Wright, karyawannya di Lodi, California untuk menjadi rekan
usahanya. Merk restoran A&W sendiri merupakan inisial dari dua nama mereka,
yakni "Allen & Wright", dan nama minumannya menjadi A&W
Rootbeer. Penerapan logo A&W dilakukan sekitar tahun itu juga, dengan
memasang logo A&W pada gelas mug-nya.
Dalam perkembangannya, restoran A&W mengalami beberapa
kali perubahan, baik perubahan kepemilikan perusahaan maupun logo yang
dipergunakan. Logo pertama A&W semula berupa lingkaran donat, inisial
A&W dan tulisan "ice cold rootbeer" didalamnya dengan anak panah
yang tertancap tepat ditengah. Versi logo ini ada beberapa, yakni hitam putih,
hitam merah (1948, seringkali disebut Red & Black Bulls Eye) dan coklat
oranye (1961, Brown & Orange Bulls Eye).
Logo A&W mengalami perubahan yang cukup signifikan pada
tahun 1968, yakni dengan mengubah bentuk donat menjadi oval dengan tetap
menggunakan inisial A&W ditengahnya. Simbol anak panah dilepas, sehingga
kesan A&W lebih simpel dan mudah diingat. Versi lain dari logo ini muncul
antara lain versi logo untuk ulang tahun A&W yang ke-75. Namun demikian
bentuk dasar logo ini tetap dipergunakan hingga sekarang dan hanya mengalami
sedikit perubahan pada tahun 1995, yakni dengan mengubah jenis huruf A&W,
menjadi jenis huruf italic atau huruf miring. Konsep penjualan yang dilakukan
A&W juga mengalami perubahan, dari yang semula merupakan kios drive-in
untuk rootbeer, menjadi restoran cepat saji.
Sementara untuk standar menu utama
restoran A&W mulai dikenalkan pada tahun 1978. Sejak itu perusahaan
mengenalkan konsep baru restoran A&W. Restoran ini mempunyai banyak menu
makanan siap saji (fast food) seperti hamburger, kentang goreng, ayam goreng
dan hot dog serta rootbeer A&W tentunya.
Pada tahun 2000 Yorkshire Global Restaurants, Inc. menjadi
induk perusahaan untuk restoran A&W. Namun, tahun 2002 Yorkshire Global
Restaurants, Inc. Diakuisisi oleh Tricon Global Restaurants. Sebagai refleksi
dari akuisisi tersebut, kemudian perusahaan berganti nama menjadi Yum! Brands
Inc., (perusahaan restoran yang memiliki system unit terbesar di dunia).
Nama Yum! terpilih karena
melambangkan harapan perusahaan untuk memberikan kepuasan ‘Yum!’ di wajah para
konsumennya di seluruh dunia. Dengan lima merek dagang yang beroperasi di bawah
naungan satu perusahaan yang sama, Yum! akan menjadi yang terbaik dalam
memberikan berbagai pilihan kepada konsumen, dan secara pasti akan memimpin
dalam usaha multi-branding.
Selain memiliki Restoran A&W, Yum! Brands Inc. adalah
pemilik waralaba merek dagang lainnya seperti Pizza Hut, Taco Bell, KFC dan
Long John Silvers. Kini genap 90 tahun usianya, A&W menjadi salah satu
restoran cepat saji terbesar di dunia dengan minuman rootbeer khasnya dan anak
cabang restoran tersebar di seluruh dunia, antara lain Australia, Iran,
Bangladesh, Kanada, Cina, Mesir, Jerman, Jepang, Kuwait, Indonesia, Malaysia,
Filipina, Qatar, Thailand, Singapura, Inggris dan Uni Emirat Arab. Di Indonesia
sendiri, restoran A&W berdiri sejak tahun 1985. Restoran A&W kini
memiliki gerai yang berjumlah sekitar 200-an outlet dan tersebar di seluruh
Tanah Air. Menu yang disajikan oleh restoran ini 100 persen halal dan hanya
restoran A&W Indonesia yang menjual nasi dan perkedel.
Dalam
pelayanan nya A&W Restaurant hampir sama dengan waralaba lainnya yang dalam
pelayanan nya baik penyaji sampai cs A&W Restaurant juga menggunakan
delivery order seperti waralaba lainnya.
PERKEMBANGAN dan INOVASI A&W RESTAURANT
Perkembangan A&W Restaurant
sendiri di Indonesia cukup pesat dan disetiap daerah pasti ada Restaurant
A&W. Karena perkembangan zaman yang pesat pasti nantinya akan ada banyak
waralaba yang akan menjadi pesaing dari A&W Restaurant dan sejenisnya.
Untuk
itu perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan cepat saji ini harus semakin
meningkatkan kreatifitas baik dalam produk ataupun pelayanannya, dengan begitu
persaingan pun akan dapat teratasi dengan baik
Prospek bisnis restoran
seperti ini cukup menjanjikan, khususnya restoran waralaba A&W akan selalu
cerah karena setiap hari semua manusia pasti memerlukan makanan dan minuman
untuk kelangsungan hidupnya.
Suatu perusahaan
harusnya selalu memberikan sebuah inovasi yang baru agar pelanggan tidak jenuh,
apalagi dengan pesaingna yang cukup kuat yaitu KFC, KFC selalu memberikan
pelayanan yang semakin bagus dari hari ke hari, sehingga tak dapat disangkal
bahwa omset KFC selalu bertambah.
Jika perusahaan A&W Restaurant dapat melakukan hal
serupa maka beberapa tahun kedepan A&W Restaurant dapat mengalahkan
waralaba yang lainnya juga. Harus banyak inovasi yang dilakukan agar perusahaan
waralaba tersebut dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Inovasi yang
dilakukan sebaiknya dari produk sampai pelayanan, dan alangkah bagusnya ada ke
khasan yang dimiliki agar tidak dapat dilupakan dan selalu di ingat oleh
pengunjung yang diamana pengunjung itu berada. Agar lebih banyak menerik hati
pelanggan, restoran A&W sebaiknya lebih banyak lagi membuat paket-paket
yang ada gratisnya. Menu makanan yang disajikan juga sebaiknya ditambah
jenisnya agar lebih bervariasi.
Dalam manajemen A&W Restaurant kiranya perlu melakukan
riset dan pengembangan produk secara terus-menerus, agar makanan dan minuman di
restoran ini tetap disukai oleh pelanggannya.
Mengantisipasi era media social yang serba online, ada baiknya manajemen
A&W Restaurant menyediakan fasilitis hotspot gratis di dalam restoran
A&W Restaurant karena masih ada Restaurant A&W yang belum menggunakan
hotspot, agar pelanggan dapat mengakses internet dengan mudah dan cepat dan
membuat para pelanggan betah berlama-lama sehingga memesan produk yang lainnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Emperor Casino | Free Slots & No Download
BalasHapusThe Emperor Casino is an exciting online casino that kadangpintar is 제왕카지노 powered by 메리트카지노 Microgaming. This casino is considered to be one of the top brands of online gambling.